Thursday, September 22, 2011

Tips Hidup Sehat

Pola Makan Sesuai Piramida Makanan
Piramida makanan adalah aturan porsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh yang terbagi ke dalam 4 level berbentuk piramida.
* Level terendah dengan porsi terbesar adalah karbohidrat, misalnya roti, sereal, kentang dan jagung.
* Level kedua adalah sumber serat dan vitamin: buah dan sayuran.
* Level ketiga adalah sumber protein, misalnya : susu, daging dan telur.
* Level keempat dengan porsi paling sedikit adalah makanan tinggi gula, tinggi lemak dan tinggi minyak (goreng-gorengan).
Terapkan piramida tersebut dalam pola makan harian anda. Makanlah lebih banyak sayur dan buah, minimal dua porsi sayur dan buah setiap hari. Diet tinggi sayur dan buah mengandung anti oksidan dan menurunkan risiko terkena kanker. Sayuran dengan warna tua (boldest color) yang mengandung phytonutrient tinggi, misalnya brokoli, kubis, wortel, tomat, anggur dan keluarga daun-daunan (bayam, kangkung, dan sebagainya).
2. Olahraga Teratur
Jadikan olahraga sebagai bagian dari kebiasaan harian anda. Olahraga bisa dimana saja. Anda tidak perlu menjadi anggota pusat kebugaran untuk bisa berolahraga, walaupun hal tersebut juga baik. Turunlah dari kendaraan umum 500 meter sebelum tujuan agar anda dapat berjalan kaki. Pilihlah tangga daripada lift. Berjalan pagi keliling komplek juga merupakan latihan fisik yang baik, disamping memberi anda cukup udara segar bagi tubuh. Olahraga teratur menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, membantu memperbaiki kepadatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis.
3. Berpikir Positif dan Bersyukur
Penelitian menunjukkan bahwa sikap diri positif membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih baik serta meningkatkan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Tubuh anda merupakan bagian dari pikiran anda, jadi berpikirlah positif dan senantiasa bersyukur atas apa yang telah anda miliki.
4. Cukup Cairan Tubuh
70% tubuh manusia adalah cairan. Air putih menggantikan cairan tubuh yang hilang, dan memiliki efek detoks. Kekurangan cairan tubuh membuat anda tidak fokus dan lesu. Minum 2 liter air putih setiap hari membantu menjaga sel-sel tubuh dalam kondisi prima.
5. Istirahat Cukup
Istirahat yang cukup akan sangat membantu tubuh anda memulihkan diri setelah beraktivitas seharian. Usahakan tidur 8-9 jam sehari. Jika anda mengalami kesulitan tidur, lakukan rutinitas relaksasi sebelum tidur. Memutar musik favorit dalam volume pelan, mengganti lampu utama dengan lampu tidur, atau minum segelas susu hangat bisa membantu merelaksasi tubuh dan pikiran anda.
6. Hindari Rokok dan Alkohol
Rokok dan alkohol hanya akan menambah beban tubuh anda. Hindari dua hal itu, selain lebih sehat juga menghemat lebih banyak uang.
7. Bersenang-senanglah
Take a break and have fun! Tak ada salahnya sesekali memanjakan diri sendiri. Pergi piknik, me-time, membeli sesuatu yang anda sukai. Rasa bahagia dan senyuman adalah booster terbaik bagi sistem imunitas tubuh.

No comments:

Post a Comment