Thursday, September 15, 2011

7 Tips Memilih Nama Domain untuk Website atau Blog

Memilih nama domain adalah salah satu hal paling mendasar saat hendak membuat website atau blog baik untuk keperluan pribadi atau bisnis.
Nama domain adalah identitas Anda di web, dimana pengguna dan mesin pencari mengidentifikasi bisnis Anda.
Sangat dianjurkan mengalokasikan cukup waktu untuk mempertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan nama domain apa yang hendak Anda pilih.
Tips berikut akan membantu Anda membuat pilihan yang tepat ketika hendak memilih nama domain untuk website Anda.
1. Pertama dan terpenting, pilih perusahaan pendaftaran nama domain yang paling cocok dengan kebutuhan Anda serta memiliki pelayanan yang baik.
2. Pengguna internet akan kesulitan mengingat alamat web yang panjang atau rumit. Anda harus selalu berusaha memilih nama domain yang singkat dan mudah diingat.
Ini akan membuat pengunjung mudah untuk selalu kembali dan akan membantu meningkatkan nilai merek usaha Anda.
3. Pilih nama domain yang menyertakan kata kunci paling utama yang Anda bidik. Ini akan membuat mesin pencari dan pengunjung lebih mudah menemukan situs Anda.
Selain itu, situs Anda juga akan lebih berpeluang mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari.
4. Setelah yakin dengan nama pilihan untuk situs Anda, jangan menunda proses pendaftaran. Meski situs Anda sedang dalam proses pembuatan, tidak ada salahnya mendapatkan nama domain pilihan sejak awal.
Dengan kompetisi yang begitu ketat, Anda tidak pernah tahu apakah akan mendapatkan nama domain pilihan jika menundanya.
5. Mendaftar langsung untuk jangka panjang (lebih dari 1 tahun) juga dianjurkan.
Memang Anda harus membayar lebih banyak di awal, namun mendaftar untuk jangka panjang akan lebih murah daripada harus memperbarui tiap tahun.
6. Pilihlah ekstensi yang paling populer – .com. Harga domain .com memang lebih mahal dibanding .info misalnya, namun .com akan lebih mudah diingat oleh pengguna internet.
7. Disarankan pula membeli nama domain dari perusahaan yang menyediakan layanan web hosting. Dengan memilih cara ini Anda mungkin akan mendapatkan tawaran diskon yang menarik

No comments:

Post a Comment