Thursday, March 3, 2011

Cara Cepat Menguasai Speaking

Bahasa Inggris memaglah bahasa Asing di Negeri Kita. Dimana-mana orang berbicara menggunakan bahasa Indonesia atau Bahasa Daerahnya masing-masing. Nah, Bagaimana caranya agar kita dapat degan mudah berbicara bahasa inggris.Saya mempunyai beberapa langkah agar kita cepat menguasai bahasa Inggris, terutama speaking. Dalam berlatih speaking, kuncinya ada pada diri kita. Semakin rajin kita berlatih, akan semakin mudah untuk menguasainya. Bagaiman caranya kita berlatih?
  1. Teman
Ajak teman sebangku, teman akrab, teman satu kost, teman kuliah, pacar, pokoknya cari teman yang sama-sama sedang berjuang untuk success speaking. Berkomunikasilah dengan teman tersebut menggunakan bahasa Inggris. Berkomunikasi nggak harus bertemu, kan? Sekarang ini kan zaman canggih, bisa pakai telpon donk. Ataw kalau mau yang lebih canggih lagi, ngobrol lewat internet pake webcam. Pokoknya tinggal pilih sesuai dengan keadaan diri dan keadaan kocek kita, deh. Don’t worry to make mistake! Don’t be ashamed! Jangan takut dan jangan malu! Kan kita nggak berbuat kejahatan. Orang penjahat aja nggak malu kok he he.
2. Sms
Dalam satu hari, mungkin puluhan kali kita menerima atau mengirim SMS. Nah, kalau kita tidak bertemu dengan partner/group speaking kita, kita bisa saling berkirim kabar dengan ber-SMS-ria menggunakan bahasa Inggris. Setuju?
3. Facebook
Cari group-group di facebook yang bertujuan melatih atau belajar bahasa Inggris, kemudian join sebagai anggota. Nah, dalam group ini kita bisa menuangkan ide  atau comment kita dalam bahasa Inggris. Di sini ide kita kita speakingkan lewat tulisan.
4. Sendiri
Sekarang kalau teman nggak ada, mau kirim sms nggak punya pulsa, apalagi telpon, wong pulsa tinggal 1000 rupiah. Kalau lagi bokek gitu mah enaknya dirumah aja. Trus, gimana nglanjutin practice speakingnya? Ya, ngomong aja sendiri. Ini bukan bercanda, lho! Kita bisa berbicara tentang apa saja yang ada dipikiran kita, pake bahasa Inggris tentunya. Misalnya, Huhh..kalau lagi sendiri begini enaknya makan bakso, trus minumnya juice alpukat. Eh, tadi tuh si Dina itu cerewet banget sih, dst..dst.
5. Think in English
Kalau teman nggak ada, mau sms atau telpon nggak punya pulsa, mau ngomong sendiri di kamar bibirnya lagi sariawan, gimana ya? Cara terakhir yang murah meriah adalah diam. Dalam diam, otak kita biasanya banyak memproduksi  kata-kata. Nah, kata-kata yang terangkai dalam otak kita itu kita English kan. Misalnya, otak kita lagi berkata: My boyfriend is so cute,I really love him. But sometimes he makes me angry because…dst..dst. Cara ini paling manjur dan jitu kalau kita bisa melakukan selamanya. Karena dalam otak kita tidak perlu mentranslate lagi. Selama ini yang terjadi kan,  speak English but think in Javanesse/Sundanesse/Indonesian/nesse-nesse yang lain he he. Cara ini bagus, tapi sulit dilaksanakan. Asal kita punya kemauan yang kuat, Insyaallah bisa.
Sebenarnya masih banyak cara-cara yang lain, misalnya kasih comment di blog ini dengan bahasa Inggris he he. Tapi, beberapa cara di atas pun kalau kita konsekuen melaksanakannya, kita akan berhasil. Ingat, dalam belajar bahasa, yang penting adalah berlatih dan berlatih. Ibaratnya kita ini adalah anak kecil yang sedang belajar bericara. Okay, there are the tips of mine, if you want to add something, or give any comments, please welcome. Thank you.

No comments:

Post a Comment