Tuesday, October 25, 2011

(Ubuntu Basic Command) perintah-perintah dasar ubuntu 4

(Ubuntu Basic Command) perintah-perintah dasar ubuntu 4:
masih belum bosan belajar perintah dasar ubuntu kan..?? nggak bosen dong, soalnya ngetik-ngetik command kan asyik punya…:D, oke sekarang kita lanjutan saja dari bahasan mengenai basic command yang kemarin, kali ini kita akan membahas mengenai perintah PWD, LS dan cP, apaan tuh…?? yuk ikuti pembahasan berikut ini


PWD (print working directory)

pwd adalah perintah untuk mengetahui path direktori dimana Anda sedang berada kini. misalnya Anda lupa Anda sedang aktif di direktori apa, ketik saja perintah pwd


Contoh lain:



ls (List File)

ls adalah perintah untuk mengetahui daftar file dan folder yang terdapat pada sebuah direktori atau folder. Contoh :


gambar diatas adalah daftar file yang terdapat pada direktori ~. Jika Anda ingin melihat daftar file yang terdapat pada direktori lain, ada dua cara yang bisa Anda gunakan.

  1. Pindah dulu ke direktori yang Anda maksud mengggunakan perintah cd. Setelah berada pada direktori tersebut, Anda tinggal mengetikan ls.
  2. Anda tidak perlu pindah ke direktori yang Anda maksud, cukup dengan perintah ls disertai dengan path direktori yang Anda maksud.


CP (Copy bukan Curi Pandang….)

cp adalah perintah yang Anda gunakan untuk mengopy sebuah file dari direktori A (direktori asal) ke direktori B (direktori tujuan). Contoh:


cp <path direktori A> <path direktori B>


Anda ingin meng-copy file laporan.txt yang terletak di direktori ~/Documents ke direktori ~/Documents/Kerja. Perintah yang digunakan adalah :


Atau jika file tersebut terletak di direktori yang sedang aktif saat ini/direktori tempat Anda berada saat ini, Anda tinggal mengetikan :


cp <nama file> <path direktori tujuan>




oke , sampe disini dulu……ikuti terus tutorial berikutnya dengan mengklik tombol RSS feed, bersambung………

No comments:

Post a Comment