Thursday, October 13, 2011

Efek Dari Tidur Sambil Mendengarkan Musik

Mari kita ingat apakah kita termasuk dalam type seperti itu. Yaitu tidur sambil mendengarkan musik, atau tidur sambil nonton TV, atau membiarkan lampu tetap menyala saat tidur? kalau saya sendiri paling-paling kalau dah capek dan malas matiin lampu aja langsung tepar. mebahas tentang tabiat mendengarkan musik sambil tidur ini mengingatkan saya pada cerita seorang teman. Yaitu ketika dia sudah tidur, teman sekamrnya menyalakan musik keras-keras kemudian ikut tidur juga. Setelah bangun di pagi hari temanku langsung bisa menynyikan nada lagu yang di mainkan temannya semalaman penuh itu. Padahal sebelumnya temanku belum pernah mendengarkan lagu itu. Kalau seperti ini kejadiannya sebenarnya bagai mana penjelasannya??
Memang lucu sekali kalau kejadiannya seperti yang dialami teman saya, bangun-bangun langsung bisa nyanyiin lagu baru. dari yang udah tak baca-baca, sebenarnya saat kita istirahat atau tidur otak tidak benar-benar istirahat atau dengan kata lain otak kita masih bekerja hanya saja, kerja otak tak sekeras waktu kita tejaga atau menjalankan aktifitas. jadi waktu kita tidur, jika sambil mendengarkan musik atau nonton TV maka indera telinga masih akan tetap menangkap gelombang suara dan otak akan menerima rangsangan tersebut. begitu pula ketika kita tidak mematikan lampu saat tidur, retina tetap dapat menerima cahaya lampu dan otak juga akan menerima rangsangan sehingga kerja otak akan bertambah. bahakan menurut beberapa orang yang tidak terbiasa tidau mendengarkan musik, saat dia tidur sambil mendengarkan musik seolah-olah dia tidak merasakn tidur semalaman. Capek juga fisik kita kalau harus kayak gitu.
Naah, sekarang sudah tau bukan Efek nya kan? nah sebaiknya bagi kalian yang mempunyai kebiasaan kayak gitu segera di tinggalin aja deh… gak baik buat kesehatan. lagian gak mau kan kalau sampai otak terlalu capek bekerja dan malah mogok kerja.. (hehe) Sebaiknya tidur tepat waktu, matikan lamou, matikan tv, dan jangan mendengarkan musik. berikan otak kalian istirahat yang berkualitas dan cukup.

No comments:

Post a Comment