Wednesday, January 4, 2012

Pesan Moral Yang Dapat Di Ambil Dari Film 3 Idiot

Pesan Moral Yang Dapat Di Ambil Dari Film 3 Idiot, Balik lagi dengan aktifitas blogging dengan ane, Ane mau nanya nich, Apakah dari teman teman sekalian pernah nonton film 3 idiot, jika ente pada belom nonton itu artinya ente kudu nonton tu film soalnya filmnya sangat memberikan motivasi yang sangat luar biasa, Film 3 idiot ini bertemakan pendidikan dan cinta, film ini menceritakan bagaimana 3 orang mahasiswa yang berteman akrab, ada beberapa peristiwa yang mereka lakukan dan itu mengundang tawa,canda maupun tangis air mata, namun terlepas dari hal itu ada beberapa pesan moral yang bisa kita ambil di antaranya:
  1. Tahu Tapi tidak melakukannya
    Seperti tradisi kalau kita ngampus pasti bakalan di kerjain ama kaka senior dan itu pula yang terjadi pada film 3 idiot saat itu Farhan bersama teman teman lainnya sedang di kerjain oleh senior saat itu Rancho pun datang, Hal tersebut membuat sang senior senang kegirangan dan menyuruh ranco untuk bergabung bersama teman-temannya lainya namun rancho tidak mematuhinya bahkan dia lari dan bersembunyi dikamar hal itu tentu saja membuat seniornya marah dan berjanji akan mengencengi pintu kamarnya Rancho  Tapi rupanya Rancho yang bijak telah memasang jebakan darurat Saat senior mengencingi pintu kamarnya, tak bisa dielakkan aliran listrik dari jebakannya menyambar ke properti keramatnya. Senior itu teriak sekuatnya sambil berguling-guling.
    Semua tahu, bahwa air garam adalah penghantar listrik yang baik. Itu pelajaran SD, tapi tak semua mempraktekkannya.
    Sebenarnya bukan itu saja, semua cabang ilmu yang kita pelajari dan ketahui tapi tidak kita praktekkannya itu sia-sia saja. Tak ada gunanya. Bertahun-tahun menimba ilmu dari SD sampai perguruan tinggi, jika tidak digunakan apalah artinya. Nonsense.
  2. Persahabatan itu lebih penting 
    Masih ingatkah anda saat Ayah Raju Sakit dan Rancho membawa ayahnya Raju dengan Scooter milik phia,Hal tersebut membuta Raju protes pada apa yang di lakukan Rancho Namun ternyata hal itupulah yang menyelamatkan nyawa ayah Raju  Jika harus menunggu ambulan yang selalu telat datangnya, mungkin dokterpun tak bisa lagi berbuat apa-apa untuk membantu ayahnya. Betapa terharu ia mengetahui hal itu, dan ia pun meminta maaf.
    Rancho rela meninggalkan apapun untuk sesuatu kepentingan yang menyangkut temannya. Berkorban untuk keberhasilan temannya. Bukan seperti Silencer yang begitu mementingkan nilainya hingga harus berbuat dengki. Apalah artinya pintar jika tak bisa memiliki teman. Maka persahabatan itu lebih penting dari orang itu sendiri. Tak ada artinya seseorang itu tanpa sahabatnya, seperti tunggul saja.
  3. Jangan pernah mengejar kesuksesan tapi kejarlah kesempurnaan maka kesuksesan itu akan mengikutimu
    Inilah Pesan yang selalu di dendungkann oleh Rancho pada kedua sahabatnnya bahkan saa rektor mereka Viru Sahastrabudi ingin memecah belah mereka Rancho sempat mengatakan hal tersebut pada Raju kawannya
  4. Jangan memperkosa ilmu pengetahuan, tapi nikmatilah dan fahamilah
    Menghafal mungkin menghemat waktumu disekolah, tapi akan menyiksamu seumur hidup. Menghafal hanya akan menambah beban otak dan tertekan, bahkan membuat fikiran buntu hingga membunuh kreatifitas manusia untuk berkarya. Menghafal tanpa memahami berarti memperkosa ilmu pengetahuan. Bagaimana tidak, dengan menghafal hanya mempercepat kelulusan, tapi tidak pernah mengembangkan ilmu itu sendiri. Jika yang dipelajari tentang resep masakan, maka seumur hidup hanya makanan itulah yang dimasak. Tidak inovatif.
    Jadi memahami akan lebih mudah dan ini akan membuat lebih nikmat ilmu pengetahuan itu. Manusia yang selalu ingin tahu akan sering bereksperimen sendiri, membuat karya-karya baru yang berguna.
  5. All IS Well
    Inilah sepenggal kata ampuh dari Rancho, Percaya atau tidak bagi orang yang optimis mungkin takkan membiarkan dirinya disiksa hanya untuk masa depannya. Raju adalah karakter yang menjadi contoh dalam film ini. Kehidupan dan tanggung jawab akan keluarganya membuat ia bimbang dan takut untuk mengambil keputusan. Ketakutannya membuat prestasinya merosot, tapi karena Rancho dan Farhan selalu memberinya semangat, dan alahasil dia pun sangat termotivasi lagi untuk belajar
  6. Kerjakan Apa Yang Engkau Ingin Kerjakan
    Tentu saja saat kita di paksa untuk mengerjakan sesuatu yang tidak kita suka pastilah sangat tidak menyenangkan coba anda bayangkan bagaimana jika Ayah Jetli disuruh untuk menjadi penyanyi apakah jetli akan menimatinya???? nah itu pula yang terjadi pada Farhan, Farhan yang ingin menjadi seorang wild life photograph tapi karena taku akan ayahnya dia pendam keinginannya itu oleh karena itu Meski keahlian itu bisa dilatih, tetapi jika dipaksakan pemerkosaanlah yang akan terjadi. Farhan tak bisa belajar dengan kenikmatan. Maka nilainya selalu berada dirangking paling bawah, lebih unggul sedikit diatas Raju. Tentu saja, karena pikirannya berkelana ke Afrika saat sedang dikelas.
    Maka itu kerjakanlah apa yang engkau kerjakan , kita tak pernah bahwa kita adalah orang yang hebat jika kita tak pernah mencobanya. Keistimewaan itu adalah saat kita meyakini bahwa itu istimewa.
    Karena sesungguhnya, bukan uang banyak yang dibutuhkan manusia, melainkan kedamaian dalam hati. Biar penghasilan kecil, rumah kecil, mobil kecil, jika kita menyenanginya, mensyukurinya, itu menjadi nikmat yang tak terkira.




No comments:

Post a Comment